Memperluas
model UTAUT untuk memahami penerimaan pelanggan dan penggunaan internet banking
di Lebanon
Abstrak
Tujuan - Sejumlah penelitian telah
menunjukkan bahwa penerapan Internet Banking (IB) tidak hanya ditentukan oleh
bank atau dukungan pemerintah, tetapi juga oleh persepsi dan pengalaman
pengguna Internet Banking. Studi IB telah menunjukkan
hasil yang menggembirakan dari akademisi di negara-negara maju. Namun sedikit
yang diketahui tentang adopsi pengguna dari IB di Lebanon. Tujuan dari makalah
ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menghambat atau
memfasilitasi penerimaan dan penggunaan IB di Lebanon.
Desain / metodologi / pendekatan -
Sebuah kerangka konseptual dikembangkan melalui perluasan teori terpadu
penerimaan dan penggunaan teknologi (UTAUT) dengan memasukkan dua faktor
tambahan yaitu; kredibilitas yang dirasakan (PC) dan tugas-teknologi fit (TTF).
Sebuah pendekatan kuantitatif berdasarkan survei cross-sectional digunakan
untuk mengumpulkan data dari 408 konsumen IB. Data dianalisis dengan menggunakan
model persamaan struktural berdasarkan AMOS 20.0.
Pengantar
Ekspansi yang cepat dari teknologi
internet memiliki dampak yang luar biasa pada bagaimana bank mengoperasikan
bisnis mereka dan cara di mana konsumen melakukan kegiatan perbankan mereka.
Sebelumnya, kebanyakan pelanggan bisa melakukan transaksi perbankan hanya di
tempat bank, atau dengan mesin otomatis teller (ATM) atau telepon, tetapi saat
ini banyak nasabah bank yang dapat manfaat dari pengadopsian dan
penggunaan internet banking (IB, juga dikenal sebagai on-line banking) karena
sekarang mereka memiliki pilihan untuk melakukan transaksi perbankan dan
kegiatan perbankan terkait lainnya kapan saja dari setiap lokasi. Pelanggan
juga dapat melakukan layanan transaksi lainnya seperti membayar tagihan,
memeriksa informasi akun, mentransfer dana, dan memanfaatkan investasi dan
memeriksa layanan melalui website bank. Dengan demikian, layanan IB tumbuh dari
kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan entitas komersial pengusaha untuk memenuhi kebutuhan
konsumen.
Meskipun keuntungan tersebut, kelompok
besar konsumen telah menunjukkan keengganan untuk menggunakan jasa. Konsumen
mungkin memiliki keprihatinan serius tentang menggunakan teknologi internet
untuk perbankan; banyak keprihatinan mereka menerangi persepsi pelanggan dari
tingkat kemudahan terkait dengan penggunaan tersebut, persepsi keterampilan
yang diperlukan, infrastruktur (mis komputer, internet, dll), ketidakpastian
seperti risiko keamanan dan kepercayaan; efektivitas layanan dan pengetahuan tentang
mentransfer secara online. Oleh karena itu, menjadi keharusan bagi manajer bank
dan pembuat kebijakan untuk memahami faktor-faktor yang dapat menghambat atau
memfasilitasi penerimaan dan penggunaan IB yang memungkinkan mereka untuk
merumuskan strategi untuk meningkatkan take up dari IB. Di Lebanon, jumlah
pengguna internet meningkat 13,3-80,4 persen dari populasi antara 2005 dan 2014
(Internet World Stats, 2014) yang menciptakan peluang bagi bank Lebanon untuk
mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Namun, meskipun sistem perbankan
relatif maju dan dikelola dengan baik dan sejumlah besar uang dan sumber daya
yang telah diproyeksikan dalam vena ini dengan semua bank Lebanon (sekitar $
150 juta yang diinvestasikan untuk melaksanakan layanan IB), perbankan online
masih merupakan fenomena yang relatif baru di Lebanon dan penggunaan oleh
pelanggan dilaporkan menjadi sangat rendah (Itani, 2008). Dia menunjukkan bahwa
hanya 3,7 persen dari penduduk Lebanon menggunakan layanan IB pada tahun 2008,
sementara statistik dari Deposit Insurance federal menunjukkan bahwa sekitar 74
persen orang Amerika sudah menggunakan IB dan 16,9 juta pelanggan (sepertiga
dari populasi orang dewasa Inggris) menggunakan layanan internet pada tahun
2006. kenyataan ini menunjukkan bahwa IB di Libanon masih merupakan inovasi dan
tertinggal sangat jauh dibandingkan dengan rekanan di negara lain. Selain itu, juga benar bahwa
dalam budaya Lebanon banyak orang lebih memilih cara tradisional (ATM, kontak
pribadi) untuk bertransaksi
ketika melakukan bisnis yang meningkatkan kekhawatiran tentang tingkat adopsi rendah
IB. Tanpa mengetahui faktor-faktor ini, manajer bank cenderung terus
menggelepar, membuang-buang waktu dan sumber daya. Di sisi lain, pelanggan
perlu dibuat sadar layanan IB, dan merasa aman dan nyaman dengan menggunakan
jasa IB sebagai layanan tersebut secara radikal baru bagi mereka. Dengan
demikian, ada kebutuhan untuk penelitian untuk memahami faktor-faktor yang
mempengaruhi adopsi dan penerimaan IB oleh pelanggan di Lebanon dalam rangka
merumuskan strategi yang akan menjamin pelaksanaan yang efektif dan adopsi IB.
Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai teori dan model terkenal telah
digunakan untuk menjelaskan hubungan antara keyakinan pengguna, sikap dan niat
perilaku (BI) untuk menggunakan teknologi.
UTAUT telah terbukti menjadi instrumen penelitian
yang valid dan alat yang merupakan prediktor perilaku adopsi dan IB dengan
penekanan pada harapan kinerja (PE) dan sukarela sebagai driver yang paling
menonjol dari penerimaan. Dengan demikian, model ini menjadi salah satu model
yang paling banyak digunakan antara lain karena kesederhanaan, penghematan dan
ketahanan. Hal itu juga terbukti lebih unggul model pesaing lainnya yang
berlaku.
Selain itu, untuk mempelajari adopsi dan
penerimaan internet banking, ada beberapa faktor lain yang harus
dipertimbangkan seperti keamanan dan risiko yang terkait dengan itu (PC), serta
bagaimana teknologi akan sesuai dengan kebutuhan konsumen (tugas- teknologi fit
(TTF)). Dengan memperluas UTAUT untuk menyertakan dua faktor ini, perspektif
teoritis yang lebih komprehensif dari teknologi penerimaan pengguna dalam
konteks IB akan disediakan. Memang, PC tampaknya menjadi faktor kunci yang
membuat pelanggan enggan dari melakukan transaksi keuangan online mereka. Hal
ini karena dalam konteks konsumen, pengguna terutama bertanggung jawab untuk
transaksi mereka dan dengan demikian keputusan mereka akan didominasi oleh isu keamanan
dan kepercayaan. Oleh karena itu, menambahkan PC akan melengkapi faktor yang
ada dari UTAUT dan diharapkan untuk menawarkan prediksi yang lebih baik dari
penerimaan pengguna online banking. Dalam studi ini, kami terintegrasi TTF
dalam UTAUT sebagai anteseden BI. Alasan di balik menambahkan TTF didasarkan
pada kenyataan bahwa pengguna tidak akan hanya menerima dan menggunakan
teknologi jika tidak sesuai dengan kebutuhan mereka dan meningkatkan kinerja
mereka. Dengan kata lain, pelanggan ini mungkin utilitarian, dan mereka adopsi
dari layanan IB tidak hanya akan ditentukan oleh persepsi mereka terhadap
teknologi, tetapi juga oleh TTF yang baik. Selanjutnya, sebagian besar model
adopsi teknologi dan terutama UTAUT belum diuji secara luas di negara-negara
berkembang seperti negara-negara Arab pada umumnya.
Seperti yang
kita tahu, tidak
ada studi tunggal yang menganggap hubungan antara BI dan adopsi IB di Lebanon.
Selain itu, hubungan kunci dan kritis seperti antara PC, TTF, pengaruh sosial
(SI), kondisi memfasilitasi (FC) dan PE belum menerima perhatian dari
penelitian sebelumnya dalam konteks Lebanon. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengisi kesenjangan ini dengan memperpanjang UTAUT untuk
menyertakan dua faktor yaitu; PC dan TTF.
Dalam rangka memberikan wawasan faktor
yang paling diam yang dapat menghambat atau memfasilitasi penerimaan dan
penggunaan IB oleh pengguna individu di Lebanon, tujuan penelitian khusus
berikut dipekerjakan yaitu:
(1) untuk menyelidiki apakah PE, upaya
harapan (EE), SI, FC, PC dan TTF mempengaruhi pelanggan 'BI untuk menggunakan
jasa IB di Lebanon;
(2) untuk mendeteksi sifat dan kekuatan
hubungan antara faktor-faktor tersebut dan mengklarifikasi faktor yang lebih
dalam berpengaruh dalam mempengaruhi keputusan untuk menggunakan IB;
(3) untuk mengevaluasi apakah integrasi
PC dan TTF dengan UTAUT memberikan dasar teoritis yang kuat untuk memeriksa
adopsi IB; dan
(4) untuk membuat rekomendasi yang tepat
untuk manajer bank pada langkah-langkah untuk mempekerjakan dalam rangka untuk
memastikan adopsi IB sukses di Lebanon.
Umumnya, penelitian ini akan membantu
untuk manajer bank dan pembuat kebijakan untuk menjelaskan tingkat penetrasi
saat yang relatif rendah dari IB dalam merumuskan strategi untuk mendorong
adopsi dan penerimaan IB oleh pelanggan Lebanon, di mana IB masih dianggap
sebuah inovasi.
Mempertimbangkan fakta bahwa Lebanon
adalah negara dengan penduduk yang beragam dalam hal budaya, pendidikan,
pendapatan dan bahasa, fitur ini akan menambah dimensi yang menarik untuk
pekerjaan, dan memberikan wawasan yang unik ke dalam sifat faktor yang penting
untuk lembaga perbankan di lingkungan tersebut.
Latar Belakang Teoritis dan Hipotesis
Gambar 1 menggambarkan model penelitian
yang diusulkan dan penjelasan rinci dari setiap konstruk disajikan dalam
subbagian berikutnya.
PE
PE didefinisikan dalam hal utilitas
diekstraksi dengan menggunakan layanan IB seperti menghemat waktu, uang dan
usaha, kemudahan pembayaran, istirahat cepat dan efektivitas layanan. Dengan
kata lain, PE mengukur sejauh mana seorang individu percaya bahwa menggunakan
jasa IB akan membantu dia / nya mencapai keuntungan dalam menjalankan tugas
Bank. PE dapat memiliki peran penting dalam perilaku individu untuk menerima
atau menolak pelayanan IB di Lebanon. Dalam konteks penelitian ini, diharapkan
bahwa jika pelanggan menemukan sistem untuk menjadi berguna, maka mereka lebih
cenderung untuk menggunakan dan mengadopsi sistem. Oleh karena itu, kami
mengusulkan hipotesis berikut:
H1. PE secara signifikan akan
mempengaruhi pelanggan 'BI untuk menggunakan IB dalam konteks Lebanon.
EE
EE adalah tingkat kemudahan terkait
dengan penggunaan pelanggan teknologi. Menurut UTAUT, EE positif mempengaruhi BI
untuk menggunakan teknologi. Jika pengguna menemukan layanan IB mudah digunakan
dan tidak memerlukan banyak usaha maka mereka lebih cenderung untuk mengadopsi
itu.
Dalam konteks penelitian ini, diharapkan
bahwa jika pengguna menemukan jasa IB mudah digunakan, maka mereka lebih
cenderung untuk menggunakan dan mengadopsi itu. Sebaliknya, jika pengguna
menemukan jasa IB sulit untuk digunakan, maka mereka cenderung untuk mengadopsi
itu. Dengan demikian, kita mendalilkan hipotesis berikut:
H2. EE akan secara signifikan
mempengaruhi pelanggan BI untuk menggunakan IB dalam konteks Lebanon.
SI
SI didefinisikan sebagai "persepsi
seseorang bahwa kebanyakan orang yang impor kepadanya pikir dia harus atau
tidak harus melakukan perilaku yang bersangkutan". Dengan kata lain, SI mengacu
pada tekanan sosial yang berasal dari lingkungan eksternal yang mengelilingi
individu dan dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku terlibat dalam tindakan
tertentu seperti pendapat dari teman-teman, kerabat dan atasan mereka. Studi
ini secara empiris mendukung hubungan positif langsung SI pada niat pelanggan
untuk menggunakan sistem.
Alasan ini didasarkan pada kenyataan
bahwa konsumen akan sangat dipengaruhi oleh ketidakpastian yang akan dibuat
dari inovasi seperti perbankan online dan ini akan memaksa konsumen untuk
berinteraksi dengan jaringan sosial mereka untuk berkonsultasi pada keputusan
adopsi mereka. Penelitian ini mengasumsikan bahwa pelanggan akan sangat
dipengaruhi oleh orang lain (teman, keluarga, rekan kerja dan media) sejak
hubungan dianggap sebagai faktor penting dalam perilaku manusia dalam konteks
Lebanon. Akibatnya, penelitian ini mengusulkan hipotesis berikut:
H3. SI secara signifikan akan memiliki
pengaruh pada pelanggan 'BI untuk menggunakan IB dalam konteks Lebanon.
PC
Para penulis berpendapat bahwa mengintegrasikan
PC ke dalam UTAUT akan menawarkan prediksi yang lebih baik dari pelanggan BI ke
arah menggunakan IB. Penelitian terbaru menyatakan bahwa keamanan dan masalah
kepercayaan memainkan aturan yang besar pada pengguna kesediaan untuk terlibat
dalam pertukaran online uang dan informasi sensitif pribadi karena
ketidakpastian yang tinggi, intangibility, heterogenitas dan hasil kabur
menggunakan saluran ini. Alasan ini didasarkan pada kenyataan bahwa pelanggan
tidak dapat mengevaluasi situasi transaksional dalam layanan perbankan online
seperti dalam interaksi tatap muka dengan personil Bank fisik. Oleh karena itu,
sangat penting bagi pengguna untuk percaya bahwa / transaksi perbankan nya
dapat diselesaikan secara rahasia dan aman melalui internet. Penelitian ini
menggunakan PC membangun dalam rangka untuk mengukur individu keamanan, privasi
dan kepercayaan isu-isu yang dapat mempengaruhi / nya niatnya untuk menggunakan
IB. Alasan ini didasarkan pada kenyataan bahwa pengguna selalu takut kehilangan
uang dengan transaksi.
Kami percaya bahwa PC akan menjadi salah
satu faktor yang paling berpengaruh yang dapat mempengaruhi penerimaan dan
adopsi penerimaan IB oleh pelanggan Lebanon. Alasan ini didasarkan pada
kenyataan bahwa Lebanon sensitif terhadap isu-isu penyadapan dan dengan
demikian akan memiliki kurangnya kepercayaan dalam keamanan dan privasi di lingkungan
online. Untuk tujuan ini, kita mendalilkan hipotesis berikut:
H4. PC akan memiliki efek positif pada
pengguna 'BI terhadap menggunakan IB di Lebanon.
TTF
Dalam penelitian ini, kami memperluas
UTAUT untuk menyertakan dua konstruksi tambahan untuk memahami faktor-faktor
kunci yang mempengaruhi BI individu 'untuk menggunakan dan mengadopsi IB di
Lebanon. Dalam hal ini, kita terintegrasi TTF dalam UTAUT sebagai anteseden BI.
Bukti empiris menunjukkan bahwa pengguna tidak akan hanya menerima dan
menggunakan teknologi jika tidak sesuai dengan kebutuhan mereka dan
meningkatkan kinerja mereka.
Penelitian tentang IB menunjukkan bahwa
menyediakan pengguna dengan layanan real-time secara signifikan telah
meningkatkan pengalaman pelanggan dibandingkan dengan layanan tradisional. Oleh
karena itu, diasumsikan bahwa memberikan TTF yang baik akan meningkatkan BI
para pengguna untuk menggunakan teknologi. Penelitian ini mengasumsikan bahwa
konstruksi ini akan menjadi penting dalam konteks Lebanon. Alasan ini
didasarkan pada kenyataan bahwa menerapkan teknologi dari negara-negara maju
seperti Amerika Serikat, dan hanya mengimplementasikannya di negara berkembang
seperti Libanon akan booming kegagalan. Misalnya, jika pelanggan Lebanon tidak
memerlukan transaksi IB (mis mereka sebagian besar di kantor dan memiliki
permintaan yang rendah untuk layanan IB), maka mereka kemungkinan besar akan
memilih perbankan tradisional daripada layanan IB. Oleh karena itu, kita
hipotesis berikut:
H5. TTF akan memiliki pengaruh
signifikan positif terhadap pelanggan BI terhadap menggunakan IB dalam konteks
Lebanon.
FC
FC telah didefinisikan sebagai
"tingkat dimana seorang individu percaya bahwa infrastruktur organisasi
dan teknis ada untuk mendukung penggunaan sistem".
Tidak ada keraguan bahwa menggunakan
jasa IB membutuhkan jenis tertentu dari keterampilan, sumber daya dan
infrastruktur teknis dan fasilitas ini biasanya tidak gratis di konteks
pelanggan. Beberapa jalan dari promosi IB, dan dukungan dari organisasi menghilangkan
hambatan untuk penggunaan dan adopsi memengaruhi. IB, sebagai layanan penting,
mengharuskan pengguna untuk memiliki teknologi terbaru untuk menggunakan
sistem. Seperti disebutkan sebelumnya, bank Lebanon memiliki sistem perbankan
yang relatif maju dan dikelola dengan baik dan sejumlah besar uang dan sumber
daya telah diproyeksikan dalam vena ini (Asosiasi Bank di Lebanon, 2013). Dalam
konteks penelitian ini, FC akan diukur dengan persepsi pelanggan apakah mereka
mampu mengakses sumber daya yang diperlukan dan dukungan yang diperlukan untuk
menggunakan layanan IB. Oleh karena itu, diharapkan bahwa sumber daya eksternal
akan memimpin pelanggan untuk mengadopsi sistem IB. Oleh karena itu, kami
mengusulkan hipotesis berikut:
H6. FC akan memiliki pengaruh positif
pada penggunaan aktual dari sistem IB dalam konteks Lebanon.
BI dan penggunaan aktual
BI dianggap menjadi anteseden langsung
dari perilaku penggunaan dan memberikan indikasi tentang kesiapan seorang
individu untuk melakukan perilaku tertentu. perilaku aktual adalah
"manifes, respon diamati dalam situasi tertentu sehubungan dengan target
yang diberikan". Dengan demikian, penelitian ini mencoba untuk menyelidiki
hipotesis berikut:
H7. Pelanggan 'BI akan memiliki pengaruh
signifikan positif terhadap / penggunaan nya sebenarnya dari IB dalam konteks
Lebanon.
Metodologi Penelitian
Sampel dan prosedur
Mirip
dengan penelitian sebelumnya dalam penerimaan teknologi dan khususnya di IB,
penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif untuk menguji
model penelitian yang diusulkan. Lebih khusus, kuesioner pribadi
diadministrasikan mengandung 38 pertanyaan yang digunakan untuk mengumpulkan
sampel nyaman dari pengguna saat IB di Lebanon. Beberapa data yang dikumpulkan
dari mahasiswa dari tiga universitas dan beberapa orang lain dari pelanggan
dari ruang pelayanan tiga bank yang terletak dekat dengan
universitas-universitas di Beirut selama Oktober dan November 2013. Mereka peserta
dipilih untuk penelitian ini karena dua alasan utama. Pertama, itu penting
untuk menyertakan mahasiswa dalam sampel kami sebagai penelitian sebelumnya
telah mengkonfirmasi bahwa mereka adalah kelompok usia terbesar dalam
menggunakan internet dan teknologi, sehingga mereka yang paling mungkin akrab
dengan IB, dan juga sampel mahasiswa mencerminkan pelanggan perbankan saat ini
dan masa depan. Kedua, itu tidak layak untuk mengumpulkan data dari sumber lain
seperti pusat perbelanjaan, halte bus, dll. Oleh karena itu, adalah wajar untuk
mengharapkan bahwa pengalaman peserta dalam penelitian ini adalah perwakilan
dari apa yang kebanyakan pengguna internet akan mengalami. Partisipasi dalam
penelitian ini adalah benar-benar sukarela. Responden diminta untuk mengisi
kuesioner survei berdasarkan pendapat dan keyakinan terhadap menerima dan
menggunakan sistem mereka. Mereka peserta diberi penjelasan singkat tentang
tujuan dari penelitian ini dan mengatakan hak-hak mereka untuk menarik diri
dari penelitian sebelum, selama atau setelah mereka menyelesaikan kuesioner.
Rata-rata, setiap peserta mengambil tidak lebih dari 12 menit untuk
menyelesaikan kuesioner. Untuk mendorong partisipasi, responden mengadakan
undian untuk memenangkan berbagai hadiah. Dari 600 kuesioner yang dibagikan 422
dikembalikan menunjukkan tingkat respon persen 70,3. Setelah meninjau kuesioner
yang dikembalikan, 14 kuesioner yang tidak valid dikeluarkan karena data yang
tidak lengkap. Ini meninggalkan sejumlah total 408 tanggapan untuk analisis
akhir. Seperti yang ditunjukkan pada Tabel I, perpecahan jenis kelamin adalah
56 persen laki-laki dan 44 per betina persen, dengan rentang usia bervariasi
dari 18 sampai 65 tahun dan pengalaman internet diri dinilai mereka adalah baik
sebagian atau alami. Sehubungan dengan tingkat pendidikan, 9 persen memiliki
pendidikan menengah, 37 persen adalah pemegang diploma dan 54 persen memiliki gelar
sarjana atau di atas.
Pengukuran
Semua skala untuk penelitian ini diadaptasi dari studi yang ada terkait dengan
UTAUT dan studi empiris sebelumnya yang dilakukan dalam kaitannya dengan TTF
dan PC untuk melestarikan validitas dan reliabilitas item-item. Lebih khusus,
PE dan EE diukur dengan menggunakan lima item, sedangkan BI, SI dan FC diukur
dengan menggunakan empat item. Informasi demografis tentang responden seperti
jenis kelamin, usia, pengalaman dan tingkat pendidikan diukur dengan
menggunakan skala nominal. Langkah-langkah Pertanyaan pertama seberapa sering
pengguna menggunakan sistem, sedangkan langkah kedua rata-rata menggunakan
sistem.
Kuesioner
pertama kali dikembangkan dalam bahasa Inggris, dan kemudian diterjemahkan ke
dalam bahasa Arab oleh penerjemah profesional dalam bahasa Inggris-Arab.
Kemudian kuesioner diterjemahkan kembali ke dalam bahasa Inggris oleh ahli lain
untuk memastikan terjemahan kesetaraan. Meskipun item kuesioner yang diadaptasi
dari model yang dikembangkan dengan baik, namun sebelum studi lebih lanjut,
kami melakukan uji coba dengan 30 peserta dipilih secara acak untuk merevisi
dan mengubah item kuesioner dan untuk membangun validitas isi dan reliabilitas.
Beberapa item yang ditinjau dan dimodifikasi berdasarkan hasil uji coba-uji.
Analisis dan temuan
Analisis Deskriptif
Statistik
deskriptif untuk masing-masing faktor dalam model penelitian yang diusulkan
disajikan pada Tabel II. Semua sarana yang lebih besar dari 4,37 yang
menunjukkan bahwa mayoritas peserta mengungkapkan respon positif terhadap
konstruk yang diukur dalam penelitian ini. Selain itu, nilai α Cronbach
menunjukkan bahwa semua faktor dipamerkan reliabilitas internal yang kuat.
Model Pengukuran
Seperti yang disarankan
oleh Anderson dan Gerbing (1988) dan Schumacker dan Lomax (2010), penelitian
ini menggunakan pendekatan dua langkah untuk menguji hubungan antara
faktor-faktor
Model Pengukuran
Seperti
yang disarankan oleh Anderson dan Gerbing (1988) dan Schumacker dan Lomax
(2010), penelitian ini menggunakan pendekatan dua langkah untuk menguji
hubungan antara faktor-faktor dalam model yang diusulkan. Model pengukuran
pertama kali dianalisis untuk menilai reliabilitas dan validitas instrumen
sebelum menguji hipotesis penelitian kami dalam model struktural. Pertama,
analisis faktor konfirmatori berdasarkan AMOS 20.0 digunakan untuk pertama
mempertimbangkan model pengukuran fit dan kemudian mengevaluasi validitas model
pengukuran. Penelitian ini mengadopsi metode kemungkinan maksimum untuk
memperkirakan parameter model di mana semua analisis dilakukan pada matriks
varians-kovarians. Namun, itu penting untuk menguji multikolinearitas sebelum
melanjutkan dengan analisis kami. Multikolinearitas terjadi ketika dua atau
lebih variabel yang sangat berkorelasi satu sama lain. nilai yang berbeda yang
diusulkan untuk menjadi memuaskan oleh para ulama yang berbeda. Kehadiran
multikolinearitas ditentukan oleh dua nilai: toleransi dan faktor varians
inflasi (VIF) (Pallant 2010). Jika nilai toleransi lebih besar dari 0,10 dan
nilai VIF kurang dari 3,0, maka tidak ada multikolinearitas. Mengingat semua
konstruk independen memiliki nilai VIP kurang dari 3,0 dan nilai toleransi di
atas 0,10, hal ini menunjukkan tidak adanya multikolinearitas dalam sampel
kami. Ada beberapa indeks fit yang harus dipertimbangkan untuk menilai model kebaikan-of-fit .
Pertama, itu ditentukan dengan menggunakan minimum
Berdasarkan
pemeriksaan model pengukuran, dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel
merupakan faktor yang handal dan valid. Oleh karena itu, langkah berikutnya
adalah untuk menilai model struktural untuk menguji model penelitian dan
menguji hipotesis.
Model Struktural
Berdasarkan
kriteria yang sama digunakan untuk model pengukuran untuk mengukur
kebaikan-of-fit untuk model yang diusulkan, hasil dari model struktural yang
sangat dekat dengan model pengukuran yang lagi menunjukkan baik fi t dari data
(lihat Tabel III). Dengan demikian, kita lanjutkan untuk menguji hubungan
hipotesis dalam model.
Seperti yang
ditunjukkan pada Tabel V, kecuali H2, hasil koefisien jalur menunjukkan bahwa
semua hipotesis lain didukung. Lebih khusus, PE (α ¼ 0.260, p o0.01), SI (α ¼
0,211, p o0.01), PC (α ¼ 0,131, p o0.1) dan TTF (α ¼ 0,216, p o0.01) ditemukan
memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap BI ke arah menggunakan IB,
dengan PE memiliki besarnya kuat pada hubungan dengan BI. Hasil ini menyumbangkan
dukungan untuk H1, H3, H4 dan H5. Anehnya, koefisien jalur dari EE ke BI tidak
signifikan. Akibatnya, penelitian ini gagal menemukan dukungan untuk H2. PE,
SN, TTF dan PC menjelaskan 61 persen dari varians dari BI, dengan PE memberikan
kontribusi paling kepada BI daripada konstruksi lainnya.
Di
sisi lain, hasil analisis statistik dari model penelitian menunjukkan bahwa
kedua FC (α ¼ 0,194, p o0.01) dan BI (β ¼ 0,542, p o0.001) secara signifikan
mempengaruhi penggunaan aktual dari sistem dan bersama-sama menyumbang 64
persen dari varians dalam AU, dengan BI memberikan kontribusi paling AU
dibandingkan dengan FC. Dengan demikian, H6 dan H7 didukung. Penting untuk
dicatat bahwa model penelitian yang diusulkan kami menjelaskan lebih varians dari
BI dan AU dibandingkan dengan UTAUT asli.
Diskusi dan Kesimpulan
Tujuan
utama dari penelitian ini adalah untuk memperpanjang UTAUT dengan
mengintegrasikan PC dan TTF konstruksi untuk menyelidiki faktor-faktor yang
mempengaruhi niat konsumen untuk menggunakan IB di Lebanon. Temuan kami
mendukung secara teoritis dan empiris kemampuan UTAUT untuk menjadi kerangka
teoritis yang berguna untuk lebih memahami penerimaan pelanggan dari IB. Secara
keseluruhan, hasil kami menunjukkan bahwa IB diterima dengan baik di Lebanon.
Sebagian besar koefisien jalur dalam model yang diusulkan ditemukan statistik
signifikan kecuali jalan dari EE ke BI. Lebih khusus, hasil kami menunjukkan
bahwa niat konsumen untuk menggunakan dan mengadopsi sistem IB ditemukan akan
terpengaruh oleh PE, SI, PC dan TTF, sedangkan EE tidak memainkan peran penting
dalam mempengaruhi BI untuk menggunakan sistem. Hasil kami juga menunjukkan
bahwa kedua FC dan BI yang ditemukan penentu yang signifikan dari penggunaan
aktual dari IB. Secara keseluruhan, model yang diusulkan mencapai diterima fit
dan menjelaskan 61 dan 64 persen dari varians dari BI dan AU, masing-masing,
yang lebih tinggi dibandingkan dengan UTAUT asli.
Mengenai
PE, studi ini menemukan bahwa PE adalah penentu terkuat dalam model yang diusulkan.
Hasil kami konsisten dengan penelitian sebelumnya (Venkatesh et al, 2012;.
Venkatesh dan Zhang, 2010; Tarhini et al, 2013a;. Ezzi, 2014). Oleh karena itu,
ketika pengguna menemukan sistem yang akan berguna maka mereka lebih cenderung
memiliki persepsi yang lebih baik tentang menggunakan teknologi. Oleh karena
itu, praktisi harus meningkatkan kualitas sistem IB mereka berdasarkan saran
pengguna 'dalam rangka untuk menarik lebih banyak pengguna dan memenuhi harapan
dan kebutuhan mereka. Dalam rangka untuk mencapai hal ini, pembuat kebijakan
harus menyediakan manual yang mencakup petunjuk rinci tentang manfaat dari
sistem seperti layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi
perbankan kapan saja dari mana saja di dunia.
Meskipun pengguna tidak
terpengaruh oleh kelompok rujukan tetapi dengan kebutuhan individu dalam
konteks sukarela, hasil kami menunjukkan bahwa SI memiliki pengaruh positif
yang signifikan terhadap BI yang konsisten dengan mayoritas dari penelitian
sebelumnya. Dalam konteks ini, disarankan bahwa praktisi harus membujuk
pengadopsi awal dari sistem untuk membantu dalam mempromosikan kepada pengguna
lain.
Semakin
banyak studi menunjukkan bahwa FC memainkan peran penting dalam perilaku
penggunaan aktual teknologi dan temuan penelitian ini menegaskan studi mereka
dalam konteks IB. Oleh karena itu, bank perlu berinvestasi lebih banyak dalam
infrastruktur TIK dan juga harus menyediakan semua fasilitas untuk pelanggan
seperti kampanye pemasaran, mendirikan pusat layanan pelanggan untuk
meningkatkan keterampilan para pengguna dalam menggunakan komputer. Dengan
demikian, pelanggan lebih mungkin untuk memperoleh bunga dalam menerima IB.
Demikian
pula, bukti empiris dari penelitian ini mengungkapkan bahwa PC merupakan faktor
signifikan dalam mempengaruhi niat untuk menggunakan IB. Hasil kami mendukung
mayoritas penelitian sebelumnya (Amin, 2009;. Yuen et al, 2010; Daniel dan
Jonathan, 2013). Oleh karena itu disarankan bahwa bank harus meningkatkan
kepercayaan konsumen dan kepercayaan dalam menggunakan IB dengan menyediakan
layanan yang aman dan dapat diandalkan terutama ketika penggunaan sistem ini
bersifat sukarela seperti dalam kasus Lebanon. Misalnya, langkah-langkah
keamanan program seperti firewall dan intrusion detection harus ditegakkan
dalam setiap layanan IB. Dengan demikian, perhatian keamanan utama harus
diberikan untuk "Phishing" yang ditemukan pada penelitian sebelumnya
menjadi alat kunci yang digunakan penipu untuk menyerang bank. Selain itu, bank
juga harus menekankan pada fitur keselamatan positif dari sistem selama setiap
kampanye pemasaran daripada membangun brand awareness. Oleh karena itu, ketika
IB aman dan membangun reputasi yang inovatif, niat Bank pelanggan untuk
menggunakan sistem akan lebih besar.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.emeraldinsight.com/doi/full/10.1108/ITP-02-2014-0034